Rabu, 13 Januari 2016

Musrenbangdes 2016 dan Perencanaan Pembangunan Desa 2016 - 2020

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.
Dalam Peroses Untuk melahirkan perencanaan pembangunan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat, khususnya untuk jangka waktu enam Tahun kedepan 2015-2020, Pemerintah Desa Rajadesa bekerja sama saling bahu bersama seluruh komponen masyarakat dan kelembagaan desa melaksanakan Tahap Demi Tahap Perencanaan Pembangunan Desa yang Partisipatif dan berkesinambungan.
Hari ini Kamis 14 Januari 2016 bertepatan dengan pelaksanaan Musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) untuk Tahun 2016 Para pelaku pembangunan dari mulai Perangkat Desa, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat dan dihadiri Pula Oleh Tim dari Kecamatan Berbagi hati dan pemikiran untuk menindaklanjuti Perencanaan Pembangunan Desa tersebut .

Proses jalannya Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) Tahun 2016 di buka oleh Bapak Tata Priatna selaku Sekertaris Desa Rajadesa yang kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Bpk. Kepala Desa Rajadesa (PURWODIREJO) dan ditindaklanjutidari berbagai unsur perwakilan atau Tim dari Kecamatan.
Beberapa Usulan Tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini yang dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak kecamatan maupun pihak Pemerintah Desa Rajadesa sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terbangunnya usulan yang di rencanakan menjadi skala prioritas untuk usulan RPJMDes maupun Musrenbangdes 2016.

Pada Musrembang kali ini Kepala Desa Rajadesa PURWODIREJO menegaskan prioritas utama yang tetap menjadi perhatian diantaranya Pembangunan Infrastruktur yang menjadi pasilitas umum seperti jalan Desa di harapkan diseluruh dusun bisa di dibangun semua , Sarana dan prasarana kegiatan Pemberdayaan Masyarakat juga mesti di optimalkan dengan melihat potensi yang ada agar desa Punya penghasilan yang tiap tahun terus meningkat sehingga mimpi menjadi desa mandiri bisa terwujud.
Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat, secara tegas  meminta kepada pemerintah desa agar supaya apa yang menjadi usulan masyarakat yang sifatnya prioritas, harus terus diperjuangkan oleh pemerintah agar kedepannya juga mendapat manfaat bagi masyarakat banyak. “kami hanya mengusulkan kegiatan yang jadi prioritas utama untuk pembangunan di tahun 2017 mendatang, itulah yang harus kita godok supaya masyarakat tidak kecewa atas usulan mereka yang tidak di setujui oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

Sebagai akhir dari musyawarah Musrenbangdes 2016 untuk tahun 2017 serta Perencanaan Pembangunan Desa 2016-2020 Pihak Pemerintah Desa Rajadesa membagikan daftar usulan yang telah disepakati untuk di ketahui oleh masing-masing dusunnya agar masyarakat paham dan tahu akan arah dan tujuan dar kegiatan pembangunan Desa.

Tidak ada komentar: