Jumat, 15 Januari 2016

Kebersamaan Membangun Desa Rajadesa

Segala upaya untuk meraih suatu tujuan dalam pembangunan meskipun telah didukung dengan dana yang besar belumlah cukup tanpa di dukung sumber daya manusia dan juga tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya perencanaan, penyusunan perencanaan juga membutuhkan kebersamaan dari penyelengara pemerintahan desa beserta lembaga desa lainnya yang ada di desa, bagaimana kita dapat membuat suatu perencanaan yang baik, tentunya didukung dengan sumber daya manusia yang memadai. Sumber daya manusia menjadi modal yang sangat penting untuk bersama-sama membangun desa karena manusia jugalah yang nantinya akan menggerakkan untuk merealisasikan program-program yang direncanakan.
Membangun desa membutuhkan kebersamaan semua pihak yang ada di desa baik itu pemerintah desanya maupun lembaga-lembaga desa sebagai mitra kerja. Semua pihak yang ada di desa perlu membangun kebersamaan terlebih dahulu menuju satu tujuan membangun desa. Posisi Kepala Desa beserta Sekretaris dan Perangkat Desa memegang peranan yang sangat vital untuk membangun kebersamaan karena Kepala Desa sebagai manager yang harus mampu menggerakkan perusahaan yang bernama "desa". Kepala Desa terlebih dahulu mengetahui potensi kelebihan dan kekurangan yang ada ditingkatan sumber daya manusia yang ada di desa baik di perangkat desa dan lembaga desa. Ketika potensi sudah diketahui selanjutnya bagaimana bisa dimanfaatkan untuk merealisasikan perencanaan yang dibuat untuk meraih tujuan. Sudah tidak jamannya lagi Kepala Desa bertindak otoriter yang main perintah dan minta selalu di turuti segala kemauannya akan tetapi sudah saatnya Kepala Desa mampu menggerakkan potensi yang ada di Badan Permusyawaratan Desa (BPD), LPMD dan lembaga desa yang lainnya.
Sesuai dengan aturan yang ada bahwa keberadaan lembaga desa sebagai mitra kerja pemerintah desa yang mempunyai kesetaraan dalam kebersamaan membangun desa. Lembaga desa sudah saatnya tampil bersama dengan Kepala Desa beserta Perangkatnya untuk membangun desa. Apabila sudah terbangun kebersamaan maka semua pihak yang ada di desa akan merasa ikut bertanggungjawab terhadap segala permasalahan yang dihadapi desa dan bersama-sama mencari solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada.
Dan patut kita syukuri.. Pemerintahan Desa  Rajadesa , BPD serta LPM dan Lembaga lainnya yang berada di Desa Rajadesa , kini  sudah menjadi satu ikatan. Di mana pemerintahan Desa dan Lembaga yang ada sudah satu Tujuan “ Membangun Desa Secara Bersama – Sama “.
Dan patut kita syukuri.. Pemerintahan Desa  Rajadesa , BPD serta LPM dan Lembaga lainnya yang berada di Desa Rajadesa , kini  sudah menjadi satu ikatan. Di mana pemerintahan Desa dan Lembaga yang ada sudah satu Tujuan “ Membangun Desa Secara Bersama – Sama “.
Koordinasi dan sinergitas  antara lembaga Eksekutif dan Legislatif di tingkat desa sangat penting dalam rangka pelaksanaan pembangunan sebagaimana cita – cita pemerintah daerah. “Dalam menjalankan pemrintahan khususnya yang ada di desa kiranya dua lembaga yakni  Kepala Desa dan BPD dapat menciptakan kerjasama dan keharmonisan. Namun selasin itu “berhasil tidaknya program pemerintah yang ada di desa, bergantung juga kepada komitmen masyarakat itu 

Tidak ada komentar: